Thursday, April 22, 2010

Kok Nggak Negor Sih?

Minggu lalu, gw pergi ke simposium. Banyak kolega di sana, coz ini simposium untuk dokter se-Jawa Barat. Ada beberapa dokter yang gw nggak kenal, antara lain lantaran mereka bukan dinas di Bandung, atau lantaran mereka bukan dari almamater gw.

Nah, di antara dokter-dokter yang gw nggak kenal itu, ada seseorang yang menarik perhatian gw. Cewek, mungkin umurnya hampir sepantaran sama gw, gw nggak merasa pernah kenal tapi kok rasanya gw sering lihat di manaa gitu. Siapa ya? Radar gw kayaknya terganggu banget gitu lantaran penasaran. Apakah gw pernah ketemu sama dia? Tapi kayaknya kalau gw ampek lupa ya mustahil. Tampang cewek itu jutek sekali, coz gw pasti inget kalau gw pernah punya teman yang lebih jutek ketimbang gw, hahaha..

Pas jam makan siang, gw makan bareng dua orang kolega senior laki-laki. Lagi asyik nyeruput soto betawi, eh..tahu-tahu dokter cewek itu menghampiri meja kami. Dia membicarakan sesuatu ke kolega laki-laki gw, kolega gw manggut-manggut, lalu sang dokter cewek minggat. Gw melirik sang cewek, berusaha keras mengingat tampangnya, tapi gw tetep lupa. Gw mau nanya ke kolega cowok gw, tadi si cewek itu namanya siapa, tapi gw sungkan. Takut dikira mau nyinyir aja gitu.

Nah, baru menjelang simposium kelar, mendadak seorang dokter manggil, "Ursula!"
Dan..eh, si dokter cewek tadi noleh.
Sontak gw terperangah. Ursula?

Astaga..tentu aja gw pernah lihat dokter cewek ini. Gw kan sering lihat dia di.. di Facebook!

Ceritanya, sekitar dua tahun lalu, ada cewek yang nge-add gw di Facebook, namanya Ursula. Gw tadinya males ng-approve gitu, soalnya gw males kalo daftar news feed Facebook gw penuh dengan orang-orang yang gw nggak kenal. Tapi setelah gw cek ke daftar mutual friend-nya, tahulah gw kalau Ursula ini adalah seorang dokter juga, kebetulan satu angkatan bareng beberapa kolega gw. Ya udahlah, gw approve.

Anehnya, pas kemaren di simposium itu, gw nggak mengenali Ursula sama sekali. Soalnya gw kan tahu muka Ursula cuman dari foto di Facebook doang. Lha mukanya Ursula yang di foto beda banget sama mukanya Ursula yang ketemu gw di simposium! Di foto dia nampak ketawa, kalau yang pas ketemu dia nampak kena PMS. Di foto anaknya nampak kuning langsat, kalau yang ketemu orangnya rada keling. Di foto anaknya polos, lha Ursula yang ketemu gw pakai kacamata. Beda kan?

Tapi yang bikin gw rada nggak rela, kok pas di meja makan siang itu Ursula nggak nyapa gw sih? Padahal dia nyapa temen-temen gw di meja itu. Apa dia nggak tahu kalau gw ini orang yang dia add di Facebook? Kalau gitu, sebenarnya waktu dia nge-add gw, dia nggak tahu gw siapa dong? Kalau dia nggak kenal gw, lha ngapain kalau gitu dia nge-add gw segala?

Gw suka aneh gitu kalau orang mau ngajak kenalan di Facebook tapi nggak tegor-tegoran di dunia nyata. Kok rasanya kayak punya temen bohong-bohongan?

Padahal, dari Facebook juga, gw dengar kalau Ursula ini baru kawin. Dan, sebelum kawin, tunangannya Ursula malah nge-add gw segala dan si tukang insinyur itu nge-add gw duluan karena dikiranya "gw ini temannya Ursula".

Setelah simposium itu, gw jadi ragu-ragu, kira-kira Ursula ini masih "temen" gw apa enggak ya? Perasaan udah beberapa kali gw towel dia di Facebook tapi dianya nggak pernah negor balik. Lha ketemu sungguhan aja dia nggak ngeh sama gw. Apa ini namanya "friend"? Ini mau temenan sungguhan, nggak sih?

Tapi ntar kalau gw remove si Ursula, gw nggak enak nih sama suaminya. Jujur aja, gw paling nggak enak nge-remove orang dari daftar gw, terlebih kalau tuh orang yang nge-add gw duluan. Malah sebenarnya, gw hampir nggak pernah nge-add orang duluan di Facebook. Dari ratusan orang di daftar friend gw, mungkin cuman 5-6 orang aja yang gw add duluan.

Melalui blog ini, gw mohon maaf sama semua orang yang udah nge-add gw di Facebook, tapi belum gw approve juga. Jangan kuatir, di daftar Confirm Request gw masih ada 180 orang yang request-nya gw pending semenjak Agustus lalu. Biasanya gw nggak pernah menahbiskan orang buat jadi "friend" gw kalau gw emang nggak merasa pernah kenal. Gw sih menghargai sekali orang yang mau kirim message dulu ke gw sebelum ng-add gw, tapi kalau setelah gw investigasi itu gw nggak melihat tanda-tanda bahwa nih orang memang niat sungguhan mau temenan sama gw, gw nggak akan approve. Percaya deh, nggak friend-an sama gw di Facebook nggak rugi-rugi amat kok. Gw bukan mantunya Aburizal Bakrie, jadi orang belum pasti kecipratan tajir kalau sok-sok kenal sama gw. Gw juga bukan jurinya KDI, jadi kalau cuman mau daftar jadi penyanyi dangdut jangan nge-add gw. Tapi gw penggemar acara makan-makan, jadi kalau mau ngajak gw makan-makan gratis, jangan malu-malu ya buat nge-add gw..

:-p

Carilah teman yang berniat sungguhan mau berteman sama kita. Jangan bikin pertemanan yang palsu hanya karena ingin dibilang eksis. Sudah cukup Anda membohongin diri sendiri di dunia maya, mosok Anda mau bohongin diri sendiri di dunia nyata juga?

P.S. Ursula ini nama samaran.