Wednesday, April 21, 2010

Nomer Liar

Obral kursi pesawat ke Makau. Pesan sekarang juga biar dapet harga yang murah. Itu bunyi SMS yang akhir-akhir ini kerap membanjirin HP gw. Sampek bosen gw bacanya. Siapa sih yang mau ke Makau? Gw nggak ada urusan apa-apa ke Makau. Kalau ada yang nawarin gw kursi pesawat murah ke Cape Town, nah itu baru gw mau. Bisa pesen dua, nggak? Kata bonyok gw, gw nggak boleh berkeliaran sendirian kalau gw nggak ada temennya..

SMS itu dikirimkan oleh sebuah nama, yang nggak bisa gw reply coz nggak ada nomernya. Nampaknya dari suatu maskapai yang lagi semangat promoin penerbangan ke Makau. Padahal su-er, gw nggak pernah minta siapa-siapa buat nawarin gw tiket ke Makau. Dari mana orang-orang maskapai itu tahu nomer HP gw?

Memang sebenarnya ini etika yang nggak diketahui banyak orang: Jangan pernah ngasih nomer telepon seseorang kepada orang lain tanpa minta ijin sama yang punya nomer itu dulu. Bisa jadi nanti yang punya HP ini akan mendapat telepon atau SMS dari orang-orang yang nggak diinginkan. Contohnya ya gw ini, sudah kebanjiran SMS dari tukang jual tiket pesawat ke Makau padahal gw sama sekali nggak pernah kepingin ke Makau. Ganggu banget, tahu nggak sih?

Seorang teman gw malah pernah bilang ke gw, di luar negeri (entah negeri mana tuh) etikanya, kalau kita mau kasih nomer telepon si A ke si B, kita mesti minta ijin sama si A dulu. Kalau si A nggak kasih ijin, ya kita jangan kasih tuh nomer meskipun si B minta.

Maka gw pikir-pikir, mungkin seseorang yang nggak cukup pintar telah memberikan nomer telepon gw ke seorang penjual tiket Makau dan sebagai akibatnya si tukang tiket itu terus-menerus nawarin gw tiket. Halo, ada yang tahu nggak gimana caranya memblokir sebuah nomer supaya nggak bisa ng-SMS gw? Menuh-menuhin inbox gw aja. Gw udah nelfon ke customer service operator seluler gw minta pemblokiran terhadap nomer itu, terus si mbak-mbak yang njawab pun meladeni gw dengan sangat kaku, “Maaf, Ibu Vicky, saat ini kami belum bisa melayani permintaan Ibu Vicky untuk memblokir nomer lain untuk mengirimkan SMS kepada Ibu Vicky.”

Telfon seluler di Indonesia ternyata nggak canggih-canggih amat.

Pernah sekali waktu, pas gw lagi serius nungguin kue brownies panggangan gw jadi bantet, tahu-tahu HP gw bunyi. Ternyata ada yang nelfon gw dari bank, nawarin kartu kredit. Padahal gw nggak pernah berurusan sama bank itu. Heran, tuh bankir tahu nomer telepon gw dari mana yak? Hampir aja gw bungkam telfonnya, kalau gw nggak inget kalau yang nelfon gw itu hanya seorang salesgirl malang yang disuruh-suruh juragannya. Akhirnya gw biarkan dia membacakan orasinya, lalu gw jawab, “Maaf, siapa nama Anda, Dek?... Oke, Dek Sari. Saya tidak bisa bikin kartu kredit baru sekarang. Saya lagi ada di Filipina dan saya baru pulang ke Indonesia tahun depan.”

Dan si salesgirl pun minta maaf, mengucapkan terima kasih dan nggak pernah nelfon gw lagi.

(Kenapa gw asal njeplak aja kalo gw ada di Filipina? Yah, tadinya gw mau bilang kalau gw lagi ada di Rwanda, tapi itu kedengarannya kurang masuk akal.)

Tapi ya itu. Ternyata nomer telepon masih belum jadi hal yang privat. Minggu lalu gw baca sebuah iklan di koran yang nampilin nama-nama pemenang sebuah kuis lengkap dengan nomer HP-nya. Mereka menulis nomer HP itu seperti “08123456789.” Bukan “0812345XXXX.” Hebat, bisa-bisa tuh nomer dikirimin SMS yang enggak-enggak oleh orang-orang yang nggak bertanggungjawab gara-gara nomernya jadi liar lantaran ditampilkan di muka umum.

Udah ya, tolong jangan kasih-kasih nomer telepon gw ke orang lain kalau nggak ada ACC dari gw. Gw nggak mau ditawar-tawarin tiket pesawat ke Makau. Di Makau nggak ada yang jual cireng atau klepon, kan? Makanya gw males ke sana..

Gambarnya ngambil dari sini