Thursday, May 7, 2009

Aibnya Skuter


Coba Anda ingat-ingat, pernah nggak jaman sekolah dulu Anda dapet nilai jelek? Kalo ya, baiknya Anda siap-siap bikin bunker. Siapa tau Anda jadi beken dan bernasib sial kayak skuter minggu ini, Rani Juliani.

*Skuter = Selebriti KUrang TERkenal*

Tau kan siapa Rani ini? Dia caddy paruh waktu yang disebut-sebut jadi saksi kunci pembunuhan pengusaha Nasrudin, lantaran dia adalah istri simpenannya. Rani begitu penting dalam kasus ini, soalnya katanya sih Nasrudin dibunuh gara-gara pembunuhnya be-te Nasrudin ada main sama Rani yang kebetulan juga katanya jadi simpenan sang pembunuh itu.

Kasus ini nyudutin Rani habis-habisan, bikin polisi terpaksa ngumpetin Rani dan seluruh keluarganya dalam program perlindungan saksi. Akibatnya orang jadi penasaran, dan mulai kasak-kusuk nyelidikin Rani. Mendadak tetangganya dan kampusnya jadi populer, dan seperti yang gw tulis beberapa hari lalu di blog gw, blognya Rani yang baru isi dua post itu langsung dibom komentar sampai 300 biji hanya dalam tempo satu hari. Tiba-tiba semua orang merasa kenal Rani dan berebut angkat bicara; penyelia di lapangan golfnya bilang Rani jarang ngomong akrab kalo lagi jadi caddy-nya Nasrudin, teman SMA-nya bilang Rani dulu culun dan item kok tau-tau bisa ngegaet direktur, dan orang kampusnya Rani bilang Rani udah lama nggak masuk kuliah.

Yang cukup nyentak gw adalah sekolahnya Rani bahkan ikut-ikutan cuap-cuap bahwa Rani nggak pinter-pinter amat pas jaman sekolah dulu. Sang sekolah dengan santainya membuka nilai-nilainya Rani pas sekolah, nilai Agamanya sekian, nilai Bahasa Indonesianya sekian, nilai Matematikanya sekian, dan nilai lain-lainnya, persis sampai ke angka-angka di belakang komanya. Mau tau nilainya berapa? Waduh, mendingan nggak usah gw sebutin deh, nggak tega gw. Yang pasti, kalo aja Rani ini satu jaman ama sekolah gw dulu, bisa dipastiin Rani nggak akan lulus sekolah.

Ini betul-betul sudah keterlaluan. Ahoyy..sekolah mana sih nih, kok tega-teganya nyiarin nilai-nilai pelajarannya Rani jadi santapan publik? Itu kan nilai yang didapatkan oleh semata-mata seorang pelajar yang bersekolah, bukan nilai yang diperoleh seorang caddy yang nyambi jadi simpenan pengusaha. Apa coba korelasinya ngegelar nilai ulangan Rani dengan konfirmasi keberadaan seorang selingkuhan korban pembunuhan yang sekarang menghilang? Nggak ada, nggak ada, nggak ada!

Gw mencemaskan perilaku guru sekolah itu. Memangnya nilai yang diperoleh seorang murid boleh jadi rahasia umum ya? Gimana perasaan seorang murid kalo misalnya disiarin di khalayak ramai bahwa dirinya dapet nilai 4 di pelajaran biologi? Malukah dia, ataukah sekolah berpendapat bahwa ketauan dapet nilai jelek itu biasa? Bahkan setelah bertahun-tahun murid yang bersangkutan itu lulus, dan kebetulan jadi orang terkenal, lalu si guru yang kebetulan pernah ngajarin dia di sekolah dulu seenaknya ngomong ke wartawan dan bilang, "Si X tuh dulu murid saya, dan sekarang jadi anggota DPR. Padahal dulu ulangan Bahasa Inggrisnya dapet 5 lhoo.."

Etiskah seorang pendidik ngomong gitu? Padahal info sepele gitu aja bisa bikin citra negatif tentang seorang terkenal yang padahal dulunya cuma murid biasa. Kedengarannya murid dapet nilai jelek itu sepele, tapi buat orang-orang tertentu, itu bisa jadi aib.

Padahal kan sekolah harusnya jagain martabat muridnya yang merupakan klien mereka. Murid akan selalu jadi murid, jadi anak didik dari gurunya, bahkan setelah dia lulus dari sekolah itu. Kita selalu dinasehati, jangan pernah sebut gurumu itu "mantan guru". Kalo murid bisa jadi "mantan murid" setelah dia lulus, apakah haknya untuk tidak dipermalukan "mantan" sekolahnya juga langsung hilang?

Mungkin harus kita pesenin ke adek-adek blogger yang masih sekolah. Pliz, Dek, jangan sampai dapet nilai jelek. Nanti kalo gede dan kalian jadi beken, sekolah kalian bakalan ember dan ngomongin ke mana-mana kalo rapor kalian pernah kebakaran.
"Si X itu sekarang beken, padahal dulu pas sekolahnya dia bodo bukan main.."

Yang udah lulus dan telanjur dapet nilai jelek, janganlah jadi istri simpanan orang. Nanti kalo suami yang nyimpen kalian itu dibunuh, kalian terpaksa sembunyi dan sekolah kalian akan emberin nilai-nilai kalian yang jelek itu demi mendongkrak popularitas sekolah.
"Hah pantesan sekarang cuma bisa jadi istri simpenan, lha waktu sekolah dulu anaknya ya dungu.."

Dan buat yang udah telanjur dapet nilai jelek dan kadung jadi istri simpenan, segera hubungi guru-guru kalian waktu sekolah dulu. Kirimin mereka paket apa aja: mangga, kue, bunga, dodol pisang, sambil ditulisin, "Jangan bilang-bilang ya kalo saya lulus gara-gara nilai saya dikatrol.."

Wah pokoke kacau deh kalo ketauan nilainya jelek, malunya bisa berabad-abad nggak ilang-ilang..

Tolonglah, Pak Guru, Bu Guru, lindungi nama baik muridmu. Jangan bilang siapa-siapa kalo nilai ulangan kita jelek-jelek. Simpan aja di lemari, kunci rapat-rapat. Sekolah harusnya melindungi anak didiknya seumur hidup, bukan malah malu-maluin mereka..