Thursday, May 14, 2009

Senen-Jumat, 9-5


Jika Anda liat di suatu kantor terpasang pengumuman bahwa di situ jam kerjanya antara jam 9 sampai jam 5, hari Senen sampai Jumat, maka itu bo'ong. Yang bener, klien cuma boleh dateng pada jam-jam segitu, tapi pegawainya tetap kerja 24/7.

Seorang teman minggu ini curhat sama gw tentang bosnya. Well, sebenarnya ini bukan bosnya, coz orang yang curhat ama gw ini bisa dibilang adalah orang nomer dua di kantor itu setelah si bos, tapi tak apalah. Jadi ceritanya, suatu malam, bosnya nelepon ke temen gw ini, supaya dateng ke kantor sekarang juga buat rapat. Itu sudah jam 10 malam.

Terang aja temen gw ini marah-marah. Rapat apa yang jam 10 malam? Cuma siskamling yang rapat jam segitu!

Gw dengernya ketawa aja, dan maklum. Bos yang dimaksud ini emang seneng ada di kantornya malem-malem. Padahal jam kerjanya antara jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Entah apa yang dikerjain si bos jam segitu sampai ngajak rapat segala. Gw bilang kalo jam 10 malam itu bukan jamnya rapat, tapi jamnya rapet!

Tapi si bos emang nggak punya istri buat diajakin rapet jam 10 malam. Dia udah menikah, tapi bininya tinggal di kota lain. Dia tuh tipe-tipe pekerja yang pulang ke luar kota pada akhir pekan buat ketemu anak-istri. Nggak heran kalo di hari kerja lagaknya kayak bujang-bujang.

Untung temen gw itu bisa mengelak ajakan rapat itu. Macem-macem alasannya, bantuin istrinya lah, ngurusin anaknya lah. Pendek kata, keluarga jadi tameng.
Yang sial tuh bawahannya si bos yang juga diajakin rapat. Nggak bisa nolak coz belum punya istri. Apa yang mau diurus, coba?

*Makanya Vic, buruan kawin. Supaya kalo ada apa-apa kayak kejadian di atas, tinggal bilang, "Aduh, maap. Suami saya nggak bisa nganter.."*

Nggak bisa gitu! Menurut gw, berlindung dengan alasan keluarga bukan solusi cerdas. Tapi sialnya, gw belum punya taktik jitu buat meladeni boss workaholic macem gini.

Maksud gw, workaholic sih boleh-boleh aja, tapi yang namanya gila kerja itu norak kalo sampai ganggu keluarga. Kalo jam kerjanya antara jam 9-5, ya berarti pada jam segitu pegawai adalah milik perusahaan. Artinya sebelum jam 9 pagi, dan sesudah jam 5 sore, bos nggak boleh nyuruh-nyuruh pegawai. Nyuruh itu juga termasuk bekelin pe-er buat ngerjain tugas kantor di rumah lho.

Kecuali kalo ada keadaan darurat. Misalnya, pergantian struktur kerja karena CEO-nya mendadak terserang stroke. Kantor kebanjiran dan dokumen-dokumen yang disimpan rusak semua. Intinya, apa yang dikerjain haruslah dilakukan pada jam kerja yang udah ditentuin, termasuk pengambilan keputusan kantor.

Gw bilang sama teman gw itu supaya berhenti mengamuk. Kalo emang udah lewat dari jam kantor, dia berhak ada di mana aja; di rumah, di pos ronda, di pub. Mau dia lagi ngapain kek, mau tidur kek, mau siskamling kek, mau rapet sama istri kek, urusan dia dong. Kalo bos nelfon, nggak usah diangkat. Nasihatnya www.attayaya.blogspot.com, orang nelfon bukan mau ngasih sesuatu, tapi pasti karena mau minta sesuatu. Jadi kalo di luar jam kerja, jangan angkat telepon!

Karena kita digaji untuk kerja dari hari Senen sampai Jumat aja, hanya dari jam 9 sampai jam 5. Bukan digaji untuk kerja 24/7. Di luar jam kerja itu, siapakah boss kita? Ya kita sendiri dong!