Sunday, May 24, 2009

Dikotomi Basi


Ada legenda lucu yang sering diceritain ke gw sehubungan dengan gw tinggal di Cali. Well, kenapa sering beredar isu cewek-cewek Dayak banyak yang ngegebetin cowok imigran dari Jawa yang kerja di Cali. Soalnya cewek Dayak jenuh dengan situasi di Cali yang nggak ada ini-itu, jadi mereka ngiler sama Jawa yang tentu saja lebih makmur ketimbang Cali. Maka cewek Dayak banyak yang kepingin dikawinin sama orang Jawa supaya nanti diboyong ke Jawa dan ikutan makmur di sana.

Gw nggak pernah mikir apakah begitu juga dengan cowok-cowok Dayak, apakah mereka juga pengen ngawinin cewek Jawa supaya diboyong juga ke Jawa? Ini jelas nggak masuk akal coz cewek Jawa umumnya masih manut sama suami, jadi suamilah yang kudu boyong bininya, bukan bini yang kudu boyong suami. Bahkan cewek-cewek Jawa yang murtad dan cenderung nggak penurut macam gw ini pun sudah tau, kami nggak pernah "main-main" sama pemuda lokal kalo tau bahwa kami nggak mau ngabisin sisa hidup kami di lokasi si cowok. Singkatnya, you come with me or we break up.

Lalu yang juga menarik adalah, kenapa cewek Dayak seneng sama cowok Jawa? Kalo emang cari yang makmur, kan nggak cuma cowok Jawa. Di Cali ada etnis Bugis yang tajir-tajir, tapi nggak pernah gw denger cewek Dayak kepingin diboyong ke Makassar. Apakah karena cowok Jawa itu ganteng-ganteng? Harus gw akuin cowok-cowok Jawa emang ganteng-ganteng, apalagi yang pernah pacaran sama gw, jelas gw nggak pernah salah milih, hehehe..

Nah, riset untuk membuktikan cerita itu gw tunda dulu, coz gw punya riset lain yang jauh lebih penting. Ceritanya, gw ini kan rajin nyelengin duit di bank. Jaman gw di Bandung dulu, tiap bulan pasti gw nyetor duit di bank. Nah, waktu gw pindah ke Pulang Pisau, kebiasaan nyetor gw terpaksa ditunda coz bank tempat gw jadi nasabah itu nggak buka cabang di sini. Kantor cabang yang terdekat ada di Palangka.

Jadi menjelang Imlek lalu, gw pergi ke Palangka, ngedatengin kantor cabang buat nyetor duit ke rekening gw. Tibalah gw di depan sang teller, lalu gw nyerahin formulir setoran gw. Lalu tau-tau sang teller bilang, "Ibu Vicky, biaya administrasinya Rp 5.000 ya karena ini rekening Jawa."

Gw melotot. Hah? Gw mau nabung ke rekening gw sendiri kok disuruh mbayar? Tapi katanya sang teller dengan senyumannya yang udah terlatih itu, ini kan kantor di "luar Jawa", sedangkan gw mau nyetor untuk rekening beralamat "Jawa". Jadi memang ada biaya administrasinya gitu.

Gw berang dengernya. Lha kerjaan gw kan emang mobile, gimana kalo setahun itu gw kudu mondar-mandir ke seluruh Indonesia, masa' gw kudu bawa gaji gw yang jutaan itu keliling Indonesia? Emangnya deposit gw di bank itu cuman dipake di kawasan Jawa doang? Apa gunanya bank bikin kantor cabang di seluruh Indonesia, kalo gitu?

Ketimbang gw ngajak teller berantem, akhirnya gw riset sama temen-temen gw yang kerja di bank di Jakarta. Teman gw yang pegawai bank swasta yang cukup beken bilang, emang bank yang gw maksud itu kemaruk, dikit-dikit ngompasin. Boro-boro nabung duit dari Cali ke rekening Jawa, orang nabung duit dari Jakarta ke rekening Bandung aja juga dipalak dulu. Padahal bank tempatnya sendiri kerja nggak segitunya.

Teman gw yang kerja di bank negeri di Jakarta lebih membela bank. Pertama, coz bank tempat dia ngantor juga tukang malak, dengan dalih administrasi. Kedua, coz biaya-biaya administrasinya itu kan supaya pegawainya bisa makan, termasuk dia sendiri.

Kenapa kalo gw nabung di Jawa nggak pernah dipalak, tapi kalo nabung di Cali gw dipalak. Kalo emang duit administrasi itu dipake buat bayar bis yang ngangkut duit gw dari Cali ke Jawa, itu nggak masuk akal. Coz gw make duit itu di mana-mana, nggak cuman di Jawa doang. Singkatnya, adalah tolol kalo mau beda-bedain "ini rekening Jawa, ini rekening non-Jawa".

Kenapa harus dikotak-kotakin gitu sih? Sistem perbankan kayak gitu nggak mendukung mobilitas nasabahnya yang bergerak di seluruh Indonesia. Kalo mereka masih beda-bedain juga kantor cabang Jawa dan non-Jawa, maka gw nggak akan nyalahin pandangan awam cewek Dayak bahwa cowok Jawa lebih makmur ketimbang cowok non-Jawa. Dikotomi basi tentang Jawa dan non-Jawa telah merasuki semua sendi kehidupan, mulai dari budaya sampai ekonomi.

Padahal, orang non-Jawa nggak lebih bloon ketimbang orang Jawa. Orang bank di Cali juga bisa ngelola rekening nasabah kok tanpa harus minta bantuan orang Jawa. Cowok Dayak juga sama cakepnya kok dengan cowok Jawa (biarpun sejauh ini belum ada turunan Dayak yang jadi selera gw, hehe..). Jadi, kenapa harus beda-bedain orang non-Jawa dengan orang Jawa?

Dan sekarang, pilpres rame lagi. Beberapa orang lebih dukung kandidat-kandidat yang katanya memuat unsur Jawa-non-Jawa. Beuh! Kenapa orang masih milih kandidat hanya semata karena non-Jawa, bukan karena kompeten? Kalo kita terus-menerus mikir a la primordial, lantas kapan kita betul-betul hidup seperti satu keluarga?

Karena Indonesia adalah Indonesia, bukan sekedar Jawa dan "non-Jawa yang tidak dapat disebutkan satu per satu".