Saturday, May 23, 2009

Setan di Rumah Tuhan


Tulisan ini gw bikin setelah gw baca Kompas yang masang berita Budiono solat Jumat pake sendal jepit. Gw agak terheran-heran kenapa akhir-akhir ini pers jadi rajin ngomongin mantan gubernur Bank Indonesia ini, sampai solat pake sendal jepit pun jadi berita utama. Lha emangnya solat ke mesjid mesti pake apa, jal? Nggak tau ya kalo orang ke mesjid mesti cuci kaki, nanti kalo udah selesai solat pasti kakinya masih lembab, jadi kudu dikeringin dulu. Kan gw udah nulis ini tiga minggu lalu di post "PD Copot Sepatu". Makanya yang solat di mesjid itu pada pake sendal semua. Lha kalo kaki masih basah langsung dipakein sepatu, ya pasti kakinya bau. Mending kalo jemaah yang kakinya bau cuma satu-dua orang, lha bayangin gimana kalo yang bau kaki itu semua jemaahnya? Apa nggak bubar nanti solat berjamaahnya gara-gara kebauan?

Seperti biasa, ini cuma prolog.

Ngomongin sendal jepit ke mesjid, jadi inget obrolan gw sama Wahyu, teman gw yang seorang pegawai bank dan ogah disebarkan umurnya, dua hari lalu. Alkisah, ada seorang temennya Wahyu baru pulang dari luar negeri. Temennya ini pergi ke mesjid buat solat. Ya iyalah, masa' buat tidur? Kalo mau tidur, di rumah aja sono gih!

Nah, pas mau masuk mesjid, kan orang ini nyopot sendalnya tuh. Dia solat gitu tenang-tenang. Pas udah kelar solatnya, dia keluar dari mesjid, celingak-celinguk, "Lho, kok sendal gw nggak ada?"

Hwarakadah, ternyata sendalnya udah raib! Si temen ini marah-marah, misuh-misuh nggak keruan. Dan gara-gara itu, tragisnya, dia nggak mau solat lagi dan jadi ateis! Pikirnya, Tuhan aja nggak bisa jagain (sendal) umatnya di mesjid, padahal mesjid itu kan katanya rumah Tuhan. Jadi apa gunanya percaya sama Tuhan? Weits..!

Waduh, kesiyan bener ya orang ini. Mungkin sendalnya mahal, kan dia beli sendalnya di luar negeri, jadi dia ngamuk. Tapi masa' cuma gara-gara itu dia jadi nggak mau percaya Tuhan lagi?

Adalah naif kalo ngira orang yang masuk mesjid itu jujur-jujur semua. Setan itu bisa berwujud apa aja. Ada setan yang jadi maling sendal. Ada setan yang jadi akhwat cantik, bikin cowok pengen nyuitin. Ada setan yang jadi khatib ganteng, bikin cewek pengen minta dikawinin. Bahkan ada setan yang jadi angin sepoi-sepoi yang menggoda buat ngajak tidur di mesjid. Gimana caranya kita mau aja percaya bahwa nggak ada setan yang mau nyolong sendal yang digeletakin gitu aja di emperan mesjid?

Teman gw malah pilih-pilih mesjid. Dia nggak pernah mau solat di mesjid yang nggak ada tempat penitipan sendalnya. Dia bela-belain solat di hutan ketimbang di mesjid yang nggak aman.

Ada juga teman gw yang lucu. Saban kali solat Ied, dia bawa kantong kresek buat nyimpen sendalnya. Saban kali masuk mesjid, tuh sendal dia copot, lalu dia masukin kantong dan dia susupin ke tas Louis Vuitton-nya.

Ada juga yang nasehatin jangan pake sendal mahal-mahal kalo nggak mau dicolong maling. Menurut gw, ini nggak efektif. Jadi teman gw nyaranin supaya sendal tuh ditulisin nama aja. Narsis dikit biar aman. Malingnya juga risih kalo mau make.

Sialnya, ada temen gw, sebut aja namanya Dimas, yang nurutin saran ini. Dia tulisin namanya yang panjang itu di sendal Swallownya yang alas putih karet ijo itu. Suatu malam, selesai solat Teraweh, sendal itu raib.

Waduh, sendal udah dikasih nama masih dicuri juga? Ini pasti sabotase! Pasti ada yang naksir dia, sampai-sampai sendal yang udah dinamain aja ikutan dicuri!

Beberapa malam kemudian, temen gw yang lain nemu sebuah sendal di deket tong sampah. Udah kucel, kotor, jelek banget deh pokoke. Tapi temen gw tertegun mengenali tulisan yang ditulis di sendal itu. "Raden Mas Aryo Suryodiningrat."

"Dimaas! Ini sendal elu ya? Kok namanya sama sih??" teriaknya pada temen gw yang baru keilangan sendal itu.

Teori kami, selesai solat Teraweh itu, kan orang pada bubaran keluar dari mesjid buat main petasan. Karena bubar, suasana jadi rusuh coz tiap orang pada nyari sendal masing-masing. Injek sana, injek sini. Tendang sana, tendang sini. Akibatnya sendal-sendal di situ jadi tersepak nggak karuan. Termasuk mungkin sendalnya Dimas. Jadi mungkin sendalnya Dimas bukan dicolong orang, tapi nggak sengaja ketendang orang.

Jadi, bisakah kita percaya begitu aja bahwa Tuhan menjaga sendal-sendal di "rumah"-Nya? Gw rasa Tuhan juga terheran-heran kalo liat makhluk ciptaan-Nya nggak cukup pintar buat jagain sendalnya sendiri. Mungkin pikir-Nya, dipake apa aja otak yang sudah Ku-ciptakan itu, kok jagain sendal aja nggak becus?

Balik ke Budiono. Katanya sendal jepit yang dipake Budiono buat solat Jumat itu tipe sendal pasaran yang suka dijual di warung-warung itu. Kira-kira gimana ya kiatnya Budiono supaya sendalnya nggak ilang selama dia lagi solat? Apa dia bawa kantong kresek? Apa sendalnya ditulisin namanya gede-gede, BUDIONO? Siapa sih yang mau nyuri sendal jepitnya Budiono? Atau Budiono punya ajudan buat jagain sendalnya? Apa ajudannya nggak solat Jumat?

P.S. Sumpah, foto sendal di atas bukan sendal punya gw!