Friday, May 22, 2009

Imagologi Arloji


Masih demen cerita tentang imagologi. Ilmu apakah imagologi itu, istilahnya aja gw bikin-bikin sendiri. Setelah kemaren gw nulis di Friendster bagaimana foto seseorang di Facebook bisa bikin orang itu keilangan peluang wawancara pekerjaan, kini gw mau nulis bahwa ada satu lagi benda yang dipake orang dan bisa jadi pendongkrak sekaligus titik celaan buat orang itu. Benda apakah itu? Liat foto di atas ini. Yup, benda itu adalah arloji.

*Hah, jadi lu pasang foto ini maksudnya karena mau cerita arloji? Gw kirain lu lagi pura-pura jadi model iklan jam tangan. Ngomong-ngomong, kenapa lu pegang-pegang bahu, Vic? Emang pundak lu sakit ya?*

(Bukan. Gw pose pegang bahu soalnya kalo pegang udel, nanti dimarahin Pembela UU APP. Lagian kalo pegang udel, gimana muka gw mau keliatan di foto?)

Jadi ceritanya beberapa hari lalu, sebuah blog di Kompasiana masangin foto-foto capres dan cawapres bersama istri/suami mereka. Maksudnya mau bilang, ini lho kandidat-kandidat kita dalam foto kesehariannya.

Dasar pembaca ada yang usil, sempet-sempetnya ada yang komentar bahwa Herawati Budiono tuh saking sederhananya sampai nggak pake perhiasan apa-apa, bahkan nggak pake jam tangan. Dan ajaibnya, ternyata suaminya yang jadi cawapres itu juga nggak pake jam tangan. Lalu, ada komentator yang nyeletuk, kalo Pak Budiono nggak pake jam tangan, gimana Pak Budiono mau memperhatikan waktu?

Sontak gw mengelus-elus arloji gw. Oh my..betapa sayangnya gw sama barang yang satu ini. Gw kayaknya nggak bisa keluar rumah kalo pergelangan tangan gw nggak dibalut arloji. Arloji yang bantu gw bikin keputusan apakah pasien kudu dipacu jantung apa enggak. Arloji yang bantu gw mikir bahwa pacar gw ngaret jemput gw apa enggak. Arloji juga yang bikin gw kepingin buru-buru pulang dari kantor..dan akhir-akhir ini, jadi sasaran kemarahan gw coz ngasih tau bahwa udah waktunya pulang ke rumah kost gw yang mirip api dalam sekam itu.

Maka, ada yang lucu waktu gw jalan sama kakak gw beberapa bulan lalu. Tiba-tiba dia nanya, "Ky, HP-ku di tas nih. Sekarang jam berapa?"

Gw ngernyit. "Lha udah pake jam tangan kok masih nanya jam ke aku?"

Kakak gw menyeringai. "Jamku mati, hihihi.. Sudah dua minggu."

Gw bengong. "Ha? Jam mati kok masih dipake?"

"Biar gaya aja," kata kakak gw seenaknya.

Gw: "?!?!"

Ternyata, kakak gw sengaja masih pake jamnya yang mati itu hanya untuk bikin kliennya terkesan. Katanya, "Yaa..biar kesannya tuh, oo..Bu Vian ini peduli waktu sekali ya. Dikit-dikit liat jam. Pasti orangnya sibuk sekali!"

Balik ke Budiono yang di fotonya nampak nggak pake jam tangan. Apakah tidak pake arloji berarti nggak peduli waktu? Jangan lupa, Sodara-sodara, komentator yang usil ini bisa jadi tipe kayak gw yang seneng mendramatisir keadaan. Orang nggak pake arloji aja kok diributin?

Seorang komentator lainnya mbela, "Belum tentu. Siapa tau Pak Budiono liat waktu dengan pake HP."

Ya, itulah yang dilakukan kakak gw semenjak arlojinya mati. Dikit-dikit dia liat HP buat ngecek jam berapa.

Sial bener memang, orang nilai kita dari kesan pertama. Pernah nggak Anda bayangin, Anda diwawancarai kerja, lalu mendadak si HRD-nya nanya sekarang jam berapa? Dan ternyata Anda nggak pake jam tangan? Apakah Anda cukup sigap buat ngeluarin HP dari saku celana Anda? Bagaimana kesan yang tampak di mata seorang Kepala HRD kalo liat hal ini?

Itulah sebabnya kenapa HP nggak bisa gantiin arloji. Coz kita butuh liat waktu, kapan saja dan di mana saja. Di rumah gw, semua ruangan ada jam dindingnya.

Tapi sebaiknya tetap ada alasan bagus kenapa seseorang kedapatan nggak pake jam tangan.

"Ky, aku belum sempat beli yang baru.." kakak gw mamerin tampangnya yang memelas, yang udah kerja ngontrol bisnisnya berhari-hari sampai lupa facial dan creambath. Creambath aja lupa, apalagi belanja arloji?

Harusnya gw anterin dia beli jam tangan. Tapi dia malah ngajak gw kencan ke toko cemilan buat beli kripik belut.

Gw nyengir. Perempuan-perempuan peduli gaya macam kita nggak pernah mau pake arloji sembarangan. Harus matching dong sama bajunya.

Jemaah, jam berapa sekarang? Hey, nggak boleh liat HP atau pojok komputer lho ya..