Saturday, May 9, 2009

Benci Tanggal Merah


Keluarga gw benci tanggal merah. Untuk sebuah keluarga yang ngejalanin praktek swasta, tanggal merah sebenarnya mengurangi omzet coz pasien jadi nggak berobat lantaran mereka ngira semua dokter tutup di hari libur. Kalo tanggal merahnya jatuh di hari Sabtu, sebenarnya nggak pa-pa, coz itu bak mendapatkan hari Minggu lebih awal. Tapi kalo jatuhnya tanggal merah itu di hari tengah pekan, artinya hari ini libur, lalu besok masuk lagi, kemudian selang 1-3 hari udah hari Minggu lagi, itu namanya mubazir.

Tanggal merah paling merugikan pelayanan umum. Gw misalnya, waktu masih kerja di rumah sakit dulu, paling sebel kalo dimasukin pasien inap di hari Sabtu. Biasanya prosedur gw, kalo pasiennya diinfus, sekalian aja diambil darahnya mumpung tangannya lagi ditusuk. Jadi pasien yang diopname tuh bisa ketauan potensi cacingan apa enggak, potensi kanker apa enggak. Ambil darahnya juga nggak banyak-banyak, paling 3 mL aja. Kadang pasien tuh suka minta sekalian dicekin kolesterol, gula, dan sebangsanya, jadi kita ambil darahnya ampe 5 mL (itu kira-kira setara satu sendok teh). Jumlah segitu udah cukup buat cek liver dan sekalian ginjalnya, jadi pasien sudah bisa tau informasi lengkap tentang bodinya.

Nah, kenapa gw sebel dapet pasien gituan di hari Sabtu? Ya soalnya pemeriksaan darah selengkap itu butuh waktu sehari. Jadi kalo diperiksa hari Sabtu, ya ketauan hasilnya hari Minggu. Lha hari Minggu kan libur, petugas yang jalanin mesin labnya nggak ada. Akibatnya darah yang udah kadung dibotolin jadi mubazir. Maka si pasien terpaksa ditunda cek darahnya. Jadi hari Sabtu diinfus, tapi cek darahnya hari Senen. Beuh, ditusuk dua kali! Kesiyan amat.

Maka lebih kesiyan lagi kalo dapet hari libur berendeng kayak akhir pekan ini. Minggu tanggal merah, Sabtu juga tanggal merah. Misalnya pasien harus nginep hari Jumat. Tapi ambil darahnya baru hari Senin. Mosok nunggu tiga hari cuma buat cek darah?

Cerita lain. Biasanya gw selalu memulai tiap pagi dengan baca koran. Apa yang gw baca pagi itu akan menentukan keputusan yang gw ambil hari itu. Misalnya kalo dolar US di level 10.800 rupiah, gw akan tahan keinginan gw buat belanja ke pasar. Tapi kalo dolar udah tembus angka 10.300, gw segera beli gula dan bawang. Apaan seeh?

Ya, pokoke gw harus baca koran. Minimal buat tau siapa yang namanya dimuat di kolom duka cita. Nama gw, mungkin? Lha kalo foto gw dimuat di kolom duka cita hari ini, berarti gw nge-blognya libur.

Cape deeh..

Makanya gw rada kecewa hari ini libur. Yaa..berarti hari ini nggak tau berita baru dong? Emangnya wartawan bisa libur ya?

Terus, bulan lalu kolega gw dapet musibah. HP-nya ilang. Dia telpon ke operator seluler buat blokir nomer, tapi nggak bisa soalnya itu hari libur. Bisanya hari Senen. Walah..gimana tuh kalo selama hari Minggu maling HP-nya menyalahgunakan nomer liar itu buat yang enggak-enggak? Gw heran operator seluler nggak punya layanan untuk kasus darurat macam gini. Gimana kalo orang kehilangan kartu kredit di hari Minggu, apakah bank baru mau blokir kartunya hari Senen, sesudah tabungan jebol?

Jadi yang paling hepi kalo tanggal merah tuh kaum pekerja coz mereka dapet libur. Kakak gw mungkin juga termasuk penggemar berat tanggal merah. Sebagai pebisnis taman bermain, kakak gw selalu nunggu-nunggu tanggal merah. Tanggal yang paling disukainya adalah Lebaran, Natal, Nyepi, Waisak, pokoke yang kayak gitu deh. Soalnya tanggal segitu, orang rekreasi bawa anak-anaknya ke mal. Dan mereka akan menuh-menuhin taman bermain milik kakak gw, sehingga kakak gw berlimpah omzet.

Memang ada beberapa perusahaan yang mau kasih insentif buat karyawannya yang mau masuk kerja di hari tanggal merah, tapi buat karyawan, kadang-kadang mereka mau melakukan apa saja supaya dapet ekstra waktu buat kumpul bareng keluarganya.

Gw kangen koran hari ini. Tanggal merah, cepatlah berlalu.