Wednesday, July 8, 2009

Dicari: Tinta-tintaan

Ada petugas KPPS di Pulang Pisau dateng ke rumah seorang warga buat bilang, "Bu, mau ingatkan jangan lupa ya besok dateng ke Lapangan Besar buat nyontreng Pemilihan Presiden, paling telat jam 1 siang."
Jawab warganya, "Hah? Yah..bagaimana nanti sajalah ya. Besok saya masih repot di ladang. Kalau saya datangnya jam 4 sore, tidak apa-apa kan?"
Jawab petugas KPPS-nya, "Cape deeh.."

Si ibu itu bukannya satu-satunya warga yang naruh Pemilu sebagai prioritas terakhir dalam hidupnya. Little Laurent, 27, blogger, bahkan sudah nggak mau repot-repot ngurus namanya yang nggak ada di DPT setempat. "Kalo ada ya syukur, kalo ndak ada ya wis kebeneran," tukasnya.

Kenapa?
"Soalnya kan, orang kalo ikut Pemilu kan jarinya kudu dicelupin ke tinta. Lha tintanya itu kan merusak kuku.." jawab Little Laurent seenak udelnya.

Gw bilang, kan dulu udah diajarin, sebelum pergi ke TPS, di rumah kukunya dicat dulu pake kuteks transparan. Jadi nanti tintanya melapisi kuteks, bukan menimpa kuku. Jadi kukunya nggak akan rusak kalo dilapisin tinta. Tapi Little Laurent masih nggak mau beli cat kukunya.

Gw desak-desak dia supaya mau milih. "Semua jemaah blog kita nyontreng, masa' kita nggak? Malu dong sama penonton.."

Little Laurent manyun. "Ogah nanti kalo nunggu di TPS kudu duduk di sebelah bapak kost.." Hehehe..

Makanya Little Laurent sangat berharap kalo jagoannya nanti nggak menang telak, jagoannya bisa maju ke putaran kedua supaya Little Laurent bisa nyontreng. "Kalo Putaran Kedua jadi, kan saat itu gw udah pulang ke Bandung.."


Memang kayaknya Starbucks dan Midori kudu buka cabang nih supaya para golputer Pulang Pisau ini rada teredukasi kesadaran politiknya. Kenapa? Soalnya, hari ini, Starbucks bagi-bagi kopi gratis buat pengunjung yang nunjukin jarinya yang kena tinta bekas Pemilu. Midori juga nggak mau kalah, pengunjung yang habis nyontreng boleh minta makan gratis di situ, hari ini. Bahkan Ancol lebih parah lagi, mereka potong harga tiket masuk mereka buat pengunjung yang baru nyontreng dengan diskon 50%! Hwaaa..!

Mendadak gw kesiyan sama pegawai-pegawai Starbucks dan Ancol itu. Dijamin tempat-tempat itu bakalan membludak karena diserbu pengunjung yang kepingin makan gratis. Dan gw sendiri udah ngerasain terperangkap di Ancol pada hari libur di mana semua orang tumplek blek persis es dawet. Mudah-mudahan para boss mereka ngasih mereka duit lembur. Tak ada yang lebih dirugikan dari suatu program gratisan selain pegawainya sendiri yang disuruh menjalankan program gratis.


*Kok gw jadi inget waktu dulu gw ngejual paket nasi ayam McD seharga lima ribuan di Taman Lalu Lintas ya?*

(Eh, Little Laurent, mau ke mane lu?)

"Mau cari tinta!"

(Lho, ngapain?)

"Kan Starbucks butuhnya cuman jari kita yang kena tinta. Perkara nyontreng apa enggak, kan urusan kita. Gimana kalo gw pura-pura nyelupin jari ke tinta? Biar gw dapet Starbucks gratiiss..!"

Ck ck ck.. Awas Pemilu curang. Awas panitianya curang. Awas tim sukses kandidatnya curang. Awas pesertanya juga curang.

Capek deeh..