Wednesday, July 15, 2009

Recehan Merepotkan

Orang tuh suka bingung minta maaf kalo cuman bisa ngasih duit recehan. Gw pernah tuh beli bawang mestinya dapet kembalian Rp 9.000,- dan penjualnya minta maaf coz "cuman" bisa kasih sembilan lembar 1000-an. Gw terheran-heran kenapa dia kudu minta maaf. Emangnya dia salah apa? Apakah dia minta maaf karena cuman punya sembilan lembar duit 1000-an atau dia minta maaf karena bikin gw terpaksa ngendon lebih lama di depannya buat ngitung ulang kembaliannya? Bagaimana pun, ngitung sembilan lembar kertas 1000-an jelas butuh waktu lebih lama ketimbang ngitung selembar 5000-an dan empat lembar 1000-an.

Kalo pun itu kesalahan, gw heran kenapa itu hanya terjadi pada orang jualan. Hari ini, petugas kantor pos yang nyerahin gaji gw, tidak minta maaf karena dia udah bikin gw repot.

Jadi, Departemen Kesehatan ngebayarin gaji dokter Pegawai Tidak Tetap gw melalui Kantor Pos. Kalo gw mau ambil gaji gw, gw tinggal dateng ke kantor pos di Pulang Pisau dan nyodorin surat-surat yang diperlukan. Lalu orang-orang kantor pos itu akan kasih gaji, dan gw pun tinggal terima beres. Tolong jangan tanya gw kenapa Depkes nggak bayarin gaji gw via bank aja biar lebih aman. Beberapa orang masih berpikir bahwa kalo ada sesuatu yang bisa dipersulit, kenapa mesti dibikin gampang?

Tapi hari ini, gw mendapati gaji gw dalam keadaan lain. Petugasnya nyodorin gw segepok duit, berupa duit 10.000-an sebanyak ratusan lembar dan duit 5000-an sebanyak ratusan lembar. Kedua set gepokan itu diikat dengan label bertuliskan nilai nominal gepokan tersebut. Kata petugasnya, "Silakan dihitung lagi, Dok."

Gw menatapnya seolah dia udah gila. Masa' gw pegawai yang mau ambil gaji jutaan disamain kayak orang mau ambil BLT? Pasti nih kantor pos baru ganti kebijakan. Orang bulan-bulan kemaren kalo waktunya gajian, gw tinggal ngambil duit 100 ribu yang banyak kok, eeh..kok sekarang gw disuruh ngitung 10.000-an dan 5000-an sebanyak ratusan lembar? Gw curiga, jangan-jangan bentar lagi Indonesia nggak akan lagi punya duit pecahan 10 dan 5 ribuan, jadi juru cetaknya mengalokasikan gajinya PTT buat "cuci gudang" produk cetakannya yang terakhir.

Tapi karena pegawai kantor pos itu hanyalah seorang frontliner kecil, jadi gw urung mau mensomasi dia. Ya udah, akhirnya gw itung ulang aja tuh duit ratusan lembar di depan hidung dia. Hari itu udah siang bolong, nggak ada nasabah lain selain gw di kantor itu, dan petugasnya salah tingkah karena terpaksa nontonin gw komat-kamit ngitung duit. Bahu gw pegel, dan gw bersumpah dalam hati bahwa kalo gw jadi presiden, gw akan memerintahkan semua gaji pegawai disetorin aja via rekening bank, supaya pegawai-pegawai kecil macam gw nggak setengah mati ngitung angka satu sampai 10 sebanyak puluhan kali. Aneh, nggak kayak tukang bawang yang minta maaf karena "cuma" bisa kasih gw recehan sebanyak delapan lembar, petugas kantor pos yang ini nggak minta maaf ke gw karena kasih 5000-an sebanyak ratusan lembar. Lha biarpun nominalnya jutaan, tapi kalo dikasih duitnya berupa lembaran 5000-an kan itu juga recehan namanya?

Gw jadi bertanya-tanya apakah menteri juga ngambil gaji dia dengan cara kayak gini? Ambil contoh aja kalo gaji dia misalnya lima juta, apakah dia kudu ngitung duit 10.000-an sebanyak 500 lembar?

Dan gw langsung bisa ngerti perasaan orang-orang yang nerima BLT itu. Pantesan saban kali ada pembagian BLT selalu aja ricuh. Kalo nominalnya BLT itu Rp 300 ribu, siapa juga yang mau disuruh ngitung ulang duit 5000-an sebanyak 60 lembar yang disodorin petugas kantor posnya? Pasti dia didesak-desak orang yang nggak sabaran ngantre di belakangnya sambil teriak-teriak, "Buruan! Cepetan! Udah langsung ambil aja duitnya! Ngitung duit aja kok lambreta bambang seeh?!"
(Emang ada ya orang nerima BLT sambil teriak "lambreta bambang"?)

Belum lagi kalo tau-tau penerimanya salah ngitung dan mengira duitnya yang diterima itu kurang dari nominal yang udah diumumkan, pasti makin ricuh aja tuh pembagian duit karena memperpanjang waktu antrean. "Katanya saya dapetnya 300 ribu?! Ini duitnya kurang 5.000!"
Kata petugasnya, "Sudah benar uangnya, Bu. Dari Bank Indonesia uangnya memang dikemas begitu."
"Ya udah! Nih, saya itung lagi! 5 ribu..10 ribu..15 ribu.."
Petugasnya mengelap jidat yang keringetan pake saputangannya yang udah kucel. "Cape deeh.."

Pelajaran penting buat gw. Kalo mau ambil gaji PTT di kantor pos, jangan sekali-kali berbarengan dengan orang yang mau ambil BLT.