Tuesday, July 14, 2009

Investasi Kebun Binatang

Bukan berarti kita semua terlalu sibuk buat nyuci baju masing-masing. Masalahnya, banyak di antara kita yang males melakukannya setiap hari. Bisakah Anda bayangin, ketika bangun subuh-subuh yang pertama kali dilakukan adalah mengucek baju yang udah direndam deterjen semalaman (itu juga kalo malemnya nggak lupa merendam saking capeknya pulang dugem), lalu menggenanginya dengan pewangi, lalu berjuang menembus hawa dinginnya pagi yang nusuk tulang, untuk menjemur bajunya? Dan kita bosan melakukan ini, setiap hari?

Kondisi ini yang bikin beberapa teman gw mutusin nggak mau nyuci tiap hari. Alasannya macem-macem. Baju yang dipake dalam sehari umumnya hanya beberapa potong, nanti aja nunggu kalo baju kotornya udah banyak. Mesin cuci tuh lebih awet kalo sekali jalan bisa nyuci baju berkilo-kilo, bukan cuman satu-dua potong doang. Ibu tukang cuci tuh dibayarnya sekali datang, jadi biar hemat, kalo mau ngasih baju kotor ke ibu tukang cuci langsung satu kantong gede yang isinya baju kotor selama dua-tiga hari. Bisa dibayangin, penghuni apartemen kost-kost-an itu gemar banget numpuk baju kotor sampai berhari-hari.

Pertanyaan gw cuman satu, celana dalam kotor ditumpuk juga, nggak? Pasti YA. Maka pertanyaan gw berikutnya, berapa lama? Gw nyaris semaput waktu baca blog seorang blogger bahwa dia numpuk celana dalam kotornya sampai seminggu. Aduh, lamanya!

Celana dalam kotor adalah kebun binatang yang jauh lebih meriah ketimbang Ragunan. Cobalah iseng ambil cotton bud, torehkan korek kuping itu di celana dalam kotor Anda. *Seterusnya gimana, Vic?* Lalu usapkan korek kuping itu di kuping Anda.. *Yiakks!* Ya enggaklah. Usapkan korek kuping itu di atas kaca obyek, tetesin NaCl, lalu taruh di bawah mikroskop. Akan keliatan di sana, ada beragam bakteri, jamur, dan warga-warga lainnya yang males banget gw sebutin di sini.

Sekarang bayangin kebun binatang di celana dalam Anda itu ditumpuk seminggu. Dijamin populasinya sukses melebihi populasi seluruh kebun binatang di Indonesia dijadikan satu. Jadi kesimpulannya, numpuk celana dalam kotor sampai seminggu itu jorok!

Seorang teman gw becandain gw, itulah kenapa diciptakan teknik make celana dalam a la side A dan side B. OMG! Ini ngirit deterjen atau mau investasi kebun binatang?

Nyatanya, nyuci celana dalam tiap hari belum jadi kewajiban pribadi buat banyak orang. Masih mending lho, ada juga yang nggak ganti celana dalam bersih sampai berhari-hari. Gw inget sih, kakak-kakak gw yang dulu kuliah di ITB juga pernah cerita, bagaimana Ospek menyiksa mereka lantaran mereka disuruh tinggal di alam terbuka selama berhari-hari dan nggak boleh ganti celana. Waktu itu gw merinding, soalnya kakak-kakak gw itu cowok semua. Gw kuatir kalo salah satu senior mereka itu ada yang cewek dan cantik banget, kesiyan cowok-cowok itu kalo sampai ejakulasi ngeliatnya. Gimana mereka mau bersihin cairan tak diundang itu kalo mereka nggak boleh ganti celana? Udah badan bonyok lantaran disiksa habis-habisan, nelangsa karena nggak bisa menyalurkan rasa horny, sekarang gatel pula selangkangannya karena nggak boleh ganti celana. Betul-betul kombinasi yang tidak menyenangkan!

Gw bisa maklum kalo kita semua punya kebiasaan numpuk pakaian kotor sampai berhari-hari. Tapi itu tidak berlaku buat celana dalam. Sedapat mungkin, begitu nemu air bersih dan tempat nyuci dan jemur yang representatif, buru-burulah nyuci celana dalam kotor Anda. Jangan tunggu sampai seminggu! Maka Anda tidak akan sampai beternak kuman di celana dalam situ.

Memang deterjen yang kita pake akan membunuh kuman-kuman itu, tapi itu juga sangat bergantung pada kelihaian kita mengucek celana dalam. Sekarang masih seumur muda kita begini tangan kita masih lincah mengucek, tapi nanti makin berumur maka tangan kita akan makin lelet mengucek, sehingga hasil ucekan deterjen tidak maksimal. Celana dalam yang nggak dicuci dengan bersih adalah investasi yang bagus banget buat infeksi saluran kemih. Dan kelanjutan dari infeksi saluran kemih itu macam-macam, mulai dari gatel di tempat pipis, ginjal rusak, sampai mandul.

Gw harus kirim surat nih ke Dirjen Perguruan Tinggi, supaya mereka membredel Ospek dan acara apapun yang melarang pesertanya nggak ganti celana dalam lebih dari 24 jam. Kalo perlu semua mahasiswa yang baru di-Ospek kudu diperiksa alat pipisnya, dan yang kedapetan infeksi saluran kencing kudu masuk program rehabilitasi. Sarjana macam apa yang ngakunya kepalanya intelek, tapi bagian bawahnya jorok? Nggak banget ah..