Tuesday, July 28, 2009

HP Banyak Tuntutan

BlackBerry bikin gw pusing lagi. Bukan karena mereka baru bisa nyediain service center di Indonesia mulai 26 Agustus nanti, gara-gara mereka baca desakan tulisan gw beberapa minggu lalu. *Emangnya kaukira siapa dirimu, Vic?* Bukan juga karena sampai detik ini gw belum beli BlackBerry juga. Tapi karena BlackBerry baru merilis variannya yang murah-meriah, dinamain BlackBerry Gemini padahal nggak ada tanda-tanda kembar di smartphone yang satu itu. *Adakah yang bisa menjelaskan ke gw, kenapa sih Gemini itu lambangnya kembar?* Dan harganya nggak tanggung-tanggung, dibanderol cukup US$ 130. Artinya dengan kurs rupiah yang sekarang lagi bagus-bagusnya pasca Pemilu, cuman Rp 1,3 juta?!

Lupakan pencicilan gaji buat beli BlackBerry. Gw menatap berita itu dengan curiga. Yupz, ternyata varian BlackBerry yang satu ini cuman ngangkut fitur "standar" seperti IM, SMS, MMS, Facebook, dan MySpace. Cuman?

Gw jadi mikir, betapa waktu telah mengubah banyak mengenai apa yang gw inginkan dari sebuah HP. Dulu tuh gw pertama kali dibeliin HP tahun '00, supaya gampang dicariin kalo gw ilang di pasar. HP itu bertahan lama di tangan gw, dan baru gw lepas setelah enam tahun kemudian gara-gara batrenya uzur. HP kedua punya unggulan, ada kameranya (nggak usah ketawa!). Waktu itu gw udah merasa puas dengan HP gw itu.
(Membuat gw sadar bahwa gw sudah gampang puas dengan hal-hal yang sederhana aja, hehehe..)

Dengan seringnya gw bernarsis-narsis ria dengan kamera HP gw bikin gw sadar bahwa gw kepingin HP yang kalo dipake motret, fotonya tajam dan statis. Cuman gw bingung kalo mau beli HP baru, nyari spesifikasinya kayak apa. Mosok gw bilang ke tukang HP-nya, "Mas, saya mau beli HP yang kalo dipake motret pacuan kuda, pas kudanya lari, gambar kudanya tajem dan nggak goyang!"

Pasti dikiranya gw udah gila.

Ketika gw dipanggil Negara buat kerja di Cali, yang gw pikirkan ialah gimana caranya supaya gw tetap ngeblog tanpa bantuan Telkomnet yang belum masuk (semua) desa. Jadi gw ngobok-obok semua iklan HP, nyari HP yang ada sinyal 3,5G-nya. Gw pikir dengan naif, kalo HP yang jagoan 3,5G pasti jagoan GPRS juga. Jadi gw lepas HP gw yang lama, dan gw pun beli HP ketiga.

Sebenarnya gw udah cocok aja sama HP gw yang ketiga ini, sampai-sampai gw dapet masalah baru. HP gw ini batrenya cepet abis. Sehari minta di-charge dua kali. Dan yang paling bloon, ternyata, gara-gara sering dipake online, HP gw kena virus!

Bulan lalu, si HP terpaksa gw lepas dan gw dikirimin HP yang ada di rumah gw di Bandung. HP yang keempat ini konon generasinya di tahun yang sama dengan HP ketiga, cuman beda merk doang. Ternyata setelah gw pake selama beberapa minggu terakhir, gw jadi nyesel. Kok yang ini katanya 3,5G tapi nggak bisa push e-mail sih?

Gw jadi pusing setengah mati. Jadi sebenarnya HP yang bagus itu kayak gimana seh? Apakah BlackBerry itu paling bagus? Gw curiga BlackBerry Gemini yang murah-meriah ini ada kelemahannya juga, dan gw baru sadar kelemahannya justru setelah gw beli.

Gw kangen ada di posisi nyokap gw dalam urusan milih HP. Nyokap gw cuma minta satu hal kalo beli HP, "Saya mau HP yang suaranya keras!" Soalnya nyokap gw suka nyemplungin HP di tasnya yang mirip kantong Doraemon. Hanya Tuhan yang tau apa isi tasnya para ibu. Sisir, parfum, bon, terasi..

Bokap gw masih mending. Kalo milih HP, bilangnya gini, "Saya mau HP yang kecil di tangan." Sampai hari ini, HP favorit bokap gw adalah HP yang modelnya tipe flip, karena ukurannya nggak makan tempat. Tapi kalo baca SMS, bokap gw selalu sebal, "Ini SMS kok panjang banget sih? Kan jadi mesti di-scroll berkali-kali.."
Batin gw, bukan SMS-nya yang panjang, Pops. Tapi hurufnya yang gede-gede dan makan tempat di layar..

Mertua kakak gw paling parah. Sementara anaknya udah bolak-balik ganti HP, si Om masih setia dengan N 5110-nya. Nggak pernah dipake SMS-an. Tuh HP cuman dipake buat ngomong, "Haloo?"

Jadi inilah syarat yang gw inginkan kalo mau beli HP baru:
1. Ada service center resminya.
Gw udah cukup muak dengan barang-barang gw yang rusak dan harus ngapalin alamat tukang servis.

2. Batre tahan lama.
Gw pengen kayak tahun-tahun dulu, batre HP baru dicharge tahan ampe seminggu. Sekarang? Baru dipake chatting tiga jam aja, batrenya udah tinggal separo. Emangnya idup gw cuman buat nge-charge, apaa?

3. Push e-mail
Biar kalo ada komentar masuk, gw bisa langsung follow-up. Jadi Jemaah penonton blog gw nggak perlu gelisah nungguin ledekannya diledek balik.

4. Motretnya tajam dan cepat.
Gw mau kameranya bisa motret muka gw dengan kualitas sama dengan foto cover Cosmopolitan. Apalagi gw paling seneng motret burung terbang, bukan burung diam. Berasa kayak fotografer National Geographic gitu, hehehe. Itu istilahnya apa ya?

Gimana, Jemaah? Anda tentu beli HP nggak asal-asalan, kan? Sudah puaskah Anda dengan HP Anda?