Thursday, July 9, 2009

Takdir Apanya?!

Sesuai ajaran agama, gw percaya takdir. Tapi gw nggak pernah percaya nasib. Yang repot, sulit bedain takdir buruk dan nasib jelek.

Kemaren gw baca curhatan seorang anak SMU. Dia kepingin sekali nanti kuliah Kedokteran. Tapi tahun ini, sekolahnya naikin dia ke kelas 3 IPS. Dia mewek, merasa takdir menghambatnya jadi dokter.

Alasan sekolahnya, nilai IPA-nya selama kelas 2 kalah bagus ketimbang temannya yang lain. Kuota bangku kelas IPA yang nggak cukup. Apakah nasib atau takdir dia di bangku IPS?

Gw mencoba bercermin pada pengalaman gw dulu waktu masih seumuran dia. Sekolah gw nampaknya sadar betul bahwa mereka adalah pemasok tetap untuk 60% calon mahasiswa baru ITB dan Kedokteran tiap tahunnya. Memang ada alumni yang masuk jurusan lain, misalnya Studi Pembangunan, Administrasi Niaga, atau bahkan Ilmu Komunikasi di kampus-kampus bergengsi, tapi gw terpaksa mengakui bahwa mereka tidak terlalu "populer". Akibatnya, sekolah gw jadi "ilmu pasti"-minded.

Dan gojlokan sudah mulai di minggu pertama. Guru Fisika gw mengganjar ulangan pertama gw dengan nilai bebek. Dan gw nggak sendirian. Sekelas gw rata-rata dapet lidi, dan cuma dua orang di kelas itu yang dapet kucing duduk. Temen gw, yang katanya lulusan terbaik dari sebuah SMP di Tasik, langsung mewek gara-gara cuman dapet telur.

Dan sepanjang gw hidup di sekolah itu, nilai-nilai fisika dan matematik kami hampir nggak ada bedanya dengan anak TK belajar nyanyi, do-re-mi. Kalo ada yang dapet kursi terbalik alias empat, dia pasti ditodong disuruh traktir makan-makan. Kami semua depresi, jangan-jangan satu angkatan ini nggak ada yang pantes masuk ITB. Gw sih nggak masalah coz ITB nggak pernah sedia jurusan Kedokteran, tapi kan buat jadi dokter kan Fisikanya nggak boleh jeblok..?

Anehnya, nilai-nilai gw di luar IPA selalu memadai. Gw cekatan dalam pelajaran Akuntansi, gw bintang kesayangan guru untuk tiap pelajaran ngarang pidato, dan gw dipercaya jadi asisten guru Bahasa Inggris. Tapi gw nggak pernah bercita-cita masuk IPS atau Bahasa. Gw pikir gw mungkin jagoan di pelajaran-pelajaran itu coz gw teliti ngatur duit, gw berbakat ngebacot, dan jangan lupa mental gw separo America-minded.

Jadi suatu hari karena ragunya, gw bawa nilai ulangan fisika gw yang waktu itu cuma 2 itu, sambil memelas ke alumni senior gw yang udah masuk Teknik Kimia ITB itu. Dia ketawa dan bilang, "Pak S** dari dulu nggak pernah berubah! Cuma sekolah kita yang berani kasih soal ujian mahasiswa buat ulangan anak SMA!"

Besoknya, gw langsung kepingin ngempesin ban motor guru gw yang ngasih nilai jelek gw itu.

Guru SMA nggak boleh menghalangi takdir kami jadi insinyur atau dokter. Jadi kita pun menempuh segala cara buat mendongkrak nilai ulangan.

Dandanin buku catetan pake spidol warna-warni dan pasang foto semua pemain bola yang ganteng buat diselipin di tiap halamannya.
Bikin "aliansi bangku belakang" buat ngatur formasi tempat duduk pas ulangan.
Bikin jejaring bocoran soal ulangan dengan kelas tetangga.
Dan setelah itu semua tidak cukup, terpaksa minta pelajaran tambahan ke guru.

Pada hari kenaikan kelas 2 ke kelas 3, seperti terdakwa berjalan ke tiang gantungan, gw ngatup kedua tangan dalam ketakutan, dan baca semua doa yang gw ingat. Jantung gw mau copot waktu gw diumumkan nilai gw melebihi ambang buat masuk IPA.

Nggak semua teman bersorak coz sekolah gw akhirnya buka 10 kelas IPA bervolume 50 murid. Seorang teman, sebut aja namanya Widi, divonis masuk IPS.

Bonyoknya Widi nggak terima. Mereka mau Widi masuk IPS, tapi nilainya nggak cukup. Kelas IPS tahun itu cuma ada satu, dan volumenya cuma 20 orang. Ada isu bahwa sekolah gw menganaktirikan pelajaran di luar IPA.

Itulah terakhir kali gw liat Widi. Widi pindah ke Surabaya, disuruh bonyoknya. Di sana, sebuah SMU nerima dia masuk IPA.

Ternyata, ketika UMPTN tiba, nasib berkata lain. Gw masuk Kedokteran, sedangkan teman gw berjejalan "pindah kelas" ke ITB. Tapi banyak juga dari teman-teman gw yang tadinya kelas 3 IPA, malah akhirnya kuliah di Ekonomi, Hukum, atau Politik. Dan gw dengar, Widi masuk ITS.

Tahun berlalu dan kami semua lulus kuliah. Gw jadi dokter. Widi yang dulu ditolak masuk IPA di SMU gw, sekarang udah jadi arsitek. Gw punya banyak temen dari ITB yang kerja ngawasin sumur minyak, bikin pesawat, dan lain-lain. Tapi dari para lulusan ITB itu, banyak juga yang malah sukses kerja di bank dan jadi kolega temen-temen lamanya yang semula dari jurusan IPS.

Apakah nasib yang bikin kita dapet jurusan kuliah yang tidak pernah kita idamkan? Atau takdir yang bikin kita sulit dapet pekerjaan yang kita cita-citakan? Mungkin kalo temen gw sudah niat pengen jadi bankir, udah ajalah kuliah Ekonomi, nggak usah berdarah-darah segala di ITB dulu. Dan Widi membuktikan bahwa guru SMA tidak selalu benar dalam menentukan mana murid yang pantas masuk jurusan tertentu dan mana yang tidak.

Pasrahlah pada takdir yang buruk. Tapi jangan pernah percaya pada nasib jelek. Kalo kamu ingin sesuatu, berjuang dong!