Saturday, July 11, 2009

Shakepeare Mabok

William Shakespeare jelas-jelas ngantuk waktu bilang "Apalah arti sebuah nama?" Tak ada jaminan bahwa nama bukan masalah besar. Bohong tuh. Gw akan tunjukkan bagaimana nama seorang anak bisa bikin beragam masalah ribet dalam hidup anak itu, bahkan sampai dia mati sekalipun. Contoh kecilnya aja, gimana kalo anak dinamain sama orang tuanya "Gendheng"? Kalo dia mati, maka di patok kuburannya akan ditulis gede-gede, "Gendheng, wafat tanggal 31 September." Apa nggak jadi bahan ketawaan para penjaga kuburan yang tugasnya nyapu-nyapu rumput nanti? "Hahaha, pantesan si mayat ini dinamain Gendheng. Mana ada orang mati tanggal 31 September?!"

Gw masih ingat obrolan gw dengan seorang teman, Zack, 26, yang lagi nunggu kelahiran anaknya beberapa bulan lalu. "Mau dinamain apa, Zack?"
"Averous," kata sang calon ayah itu bangga.
Gw mengerutkan kening. "Kok nama ribet bener?"
"Lha aku pingin ada huruf V-nya biar keren kayak namamu," kata Zack, bikin gw sempat bingung apa korelasi keberadaan huruf V dengan kekerenan seseorang.
Tapi bukan itu yang gw perhatikan. "Lha nanti mau dipanggilnya apa, Zack? Us-Us?"
Gw betul-betul tipe tante yang minta dijitak.

Nah, kemaren bayi yang ditunggu-tunggu itu akhirnya lahir. Beneran, ternyata bokapnya kasih nama dia Averous. Dan gw masih sempat mengira panggilannya betul-betul Us-Us.
"Tega loe," kata bokap baru itu.
"Lha jadi aku mesti panggil apa nanti supaya anakmu mau noleh ke tantenya?" tanya gw.
Jawab bokapnya, "Averous dong. Langsung noleh apalagi kamu fasih bilang 'V' dibanding aku."
Gw ketawa. Zack ini kan emang orang Sunda, dan orang Sunda itu tuh tipikal suka nyebut huruf V jadi huruf P, hehehe. Gw kuatir tuh anak nanti kalo gede malah jadi dipanggil "Aperus".

Nama anak akan menentukan bagaimana dia disebut di masyarakat nanti. Contohnya gw sendiri. Nama gw telah berhasil menyeret gw dalam sederet kesulitan yang tidak menyenangkan. Sebagai pemilik nama yang cukup sulit dieja, gw sering banget ngajuin klaim ke orang-orang tolol yang males mencatat nama orang dengan benar, gara-gara nama gw sering dieja sebagai Viki, Fiky, dan berbagai varian lainnya. Paling banyak terjadi selama gw tinggal di Bandung, coz orang-orang lokal sering banget nyebut gw "Piki", padahal gw tau mestinya mereka bisa menyebut huruf V dengan benar. Katanya sih udah kebiasaan orang Sunda dari sononya, tapi gw nggak percaya coz itu alasan yang sangat merendahkan etnis. Kenapa sih lidah mereka itu nggak mau disiplin?

Teman gw malah pernah menasehati gw, kalo gw masih temperamen terhadap orang yang salah nyebut nama gw, jangan tinggal di Bali. Orang Bali tuh, nyebut huruf V jadi huruf P dan huruf P jadi huruf F. Ah, masa' sih, iya gitu?

Jadi ini tips kalo nanti Anda mau menamai anak Anda. Tidak berlaku buat yang anaknya udah telanjur lahir.

Jangan kasih nama yang terlalu ribet. Contoh kecil, ada bayi lahir namanya Septiana Wulandari, tapi nama kecilnya Tiwul. Dia begitu beken dengan panggilan itu sampai teman-temannya nggak inget lagi siapa nama aslinya. Sekarang menikah dengan orang bernama Sihombing. Nah, sekarang Tiwul bingung gimana caranya mau nulis namanya kalo masuk Facebook. Pake nama Septiana Wulandari karena itu nama aslinya, atau nama Tiwul Sihombing supaya orang gampang nemu dirinya?

Ini tips dari Bill Cosby. Manfaatkanlah ilmu fisika Anda yang udah capek-capek Anda pelajarin di sekolah itu. Kalo bisa, janganlah namain anak dengan konsonan di huruf terakhirnya. Pasalnya Anda bisa kesulitan ngawasin dia pas dia udah gedean dikit dan mulai doyan main ke tempat jauh. Ambil contoh, ada bayi namanya Ucrit. Ketika Ucrit udah gede dan seneng main di hutan, keasikan sampai sore dia nggak pulang-pulang, dan nyokapnya mulai kuatir dan ambil TOA, lalu berteriak, "Ucriiiii...ttt!!!" Nah, perhatikan kalo suara nyokapnya bergaung pada huruf R dan huruf I di radius 500 meter, tapi tiba-tiba mandeg ketika sudah sampai huruf T. Huruf T ini menggigit lidah dan mengakibatkan gaung suara nyokap tidak bisa mencapai radius lebih.

Bandingin kalo anaknya dinamain Budi. Tentu nyokapnya bisa manggil pake TOA dan berteriak, "Budiiiiiiiiii!!!!" dengan suara menggelegar sampai radius 1-2 km, membuat Budi yang lagi main petak umpet di hutan langsung jiper dan buru-buru pulang ke rumah sebelum nyokapnya mulai nyiapin rotan buat mukul bokongnya gara-gara pulang telat.

Dan itu bikin gw mulai berpikir dua kali buat menikahi Brad Pitt. Soalnya gw udah bercita-cita dalam diri sendiri, nanti kalo punya anak, anaknya mau dinamain kayak nama bokapnya. Kebayang deh kalo nanti anak gw dinamain Brad Pitt juga. Gimana nanti kalo dia rada gedean dan mulai sering main layang-layang sampai nggak pulang-pulang, apa gw kudu ngambil TOA dan teriak, "BREEE...TTTT!" dengan logat Jawa yang medok? Wah, kayaknya nggak akan kedengeran nih sama anak gw. Dan gw akan berpikir, mungkin lebih gampang kalo gw ngawinin orang lain aja. Jelas jauh lebih mudah manggil anak gw, "KEEEAAAANUUUU..!! Ayo pulang!!!!!"